Kamis, 01 November 2018

Peran & Sejarah Humas

Peran Humas

1. Strategi Komunikasi Publik
2. Mengelola Keadaan Darurat
3. Sarana Marketing Yang Handal
4. Hubungan Media
5. Menjangkau Kegiatan
6. Mengelola Media Sosial
7. Mengetahui Dan Mengevaluasi Opini Publik

Sejarah Humas


Ada anggapan dimana PR (public relations) baru muncul saat akhir
Perang Dunia Kedua, dan PR merupakan hasil penemuan Amerika Serikat. Namun pertanyaannya adalah: benarkah PR ditemukan oleh orang Amerika Serikat?.
Menurut Jefkins (2003: 2), PR atau hubungan masyarakat (humas)sebenarnya sudah lama dikenal dan dipraktikkan oleh orang sejakberabad-abad yang lalu. Salah satu contohnya adalah kitab – kitab suciagama – agama besar di dunia (Islam, Kristen, Hindu, Budha)mengandung sesuatu bentuk kegiatan humas. Dimana melalui kitab sucitersebut, manusia berusaha untuk menciptakan suatu pemahaman atasiman yang mereka anut. Kitab suci menjadi salah satu media humas yangmereka dan kita terus gunakan dari waktu ke waktu. Dari contoh inimenjelaskan bahwa kegiatan humas sudah berumur cukup lama.
Menurut Morrissan (2008: 2), sejarah humas modern munculsebagai akibat dari revolusi industri yang terjadi di Eropa pada penghujungtahun 1800-an. Ditandai dengan bermunculannya industri besar yangmemproduksi produk secara massal, dan praktek monopoli, sertaketertutupan informasi kepada khalayak.
Memasuki abad ke-20, muncul ketiaksenangan masyarakatterhadap praktik bisnis tidak sehat yang dilakukan oleh pelaku industri,dan di abad 20 ini, ditandai dengan peran media massa mulai mengambilalih dengan upaya mempublikasikan kegiatan kotor tersebut kepadakhalayak. Terkait dengan hal tersebut maka banyak perusahaan mulaimendatangkan ahli komunikasi (pakar humas) untuk upaya menetralisirisu negatif tersebut. Dan di abad ke -20 inilah untuk pertama kali, ahlikomunikasi disebut sebagai agen pers atau publisitas.
Tokoh pelopor awal kemunculan humas modern yang menjadikanahli komunikasi sebagai agen pers atau publisitas menurut Morissan(2008: 3) adalah Ivy Lee, dimana pada tahun 1903 Ivy bersama rekannyaGeorge Parker membuka kantor publisitas (publicity office), danmenangani banyak kasus, salah satu yang terkenal adalah menanganipemogokan pekerja tambang batu bara, yang akhirnya Ivy menerbitkansuatu “pernyataan prinsip (Declaration of Principles)”, yang intinya berupa individu dan perusahaan akan bersikap terbuka dan jujur dalam
berhubungan dengan khalayak.
Saat menjelang Perang Dunia I, Pemerintah Amerika Serikatmenjadi yang pertama mempelopori program humas, yang digawangi olehPresiden AS ketika itu – Woodrow Wilson & tim sukses yang bernamapanitia Creel (dipimpin oleh George Creel). Dimana intinya panitia inimelakukan kegiatan humas berupa slogan “to make the world safe for democracy”, yang bertujuan untuk mencari dukungan publik AS agar bersedia membantu pemerintah AS untuk turut serta dalam kancahPerang Dunia. Strategi komunikasi yang terencana dan terlaksana denganbaik tersebut berhasil membuat masyarakat memberikan dukungannyakepada pemerintah AS. Keberhasilan ini mengukuhkan pentingnya humasbagi organisasi kenegaraan.
Usai Perang Dunia I, muncul dua tokoh pelopor kehumasanberikutnya, yaitu: Carl Byoir (orang pertama yang membuka perusahaankehumasan), dan Edward L. Bernays (orang pertama yang menulis bukutentang humas – “Crystallizing Public Opinion”).
Era depresi ekonomi, pasca Perang Dunia II di AS, ditandai dengankhalayak AS memandang curiga dan tidak percaya kepaa perusahaan,yang mereka duga sebagai kambing hitam penghancuran ekonominegara. Pemerintah AS untuk kedua kalinya memanfaatkan peran humasuntuk membangkitkan kepercayaan dan semangat masyarakat AS,dimana Presiden AS saat itu – Roosevelt melakukan kegiatan humasdengan cara berkomunikasi dengan rakyatnya melalui media radio, danmemperkenalkan program reformasi ekonomi yang disebut “New Deal”.Dialog Roosevelt di radio tersebut dikenang sebagai salah satukeberhasilan humas dalam mempengaruhi opini publiknya.

Sejak saat itu semua pihak menyadari pentingnya peranan humasdisemua lini, baik kenegaraan, politik, perusahaan, organisasi, dan lainsebagainya. Dan di zaman post modern saat ini, peran dan fungsi humas(public relations) menjadi semakin kompleks dan spesifik.

Rabu, 31 Oktober 2018

Fungsi Humas

Fungsi - Fungsi Humas

1.  Fungsi utama humas
            Fungsi-fungsi utama yang dilakukan oleh seorang humas dalam organisasinya meliputi berbagai bidang dan segi, dibawah ini terdapat beberapa fungsi humas yang paling utama, yaitu:
  • Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi engan publiknya, baik publik intern maupun extern dalam rangka menanamkan pengertian
  • Menilai dan menentukan pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya
  • Memberi saran kepada pemimpin tentang cara-cara mengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya
  • Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat publik yangmenguntungkan organisasi/lembaga
  • Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapt umum     
2.  Fungsi humas menurut IPRA          
Penelitian yang diadakan oleh International Public Relations Association (IPRA) pada tahun 1981 menyimpulkan bahwa pada umumnya fungsi PR/humas masa kini meliputi 15 pokok yaitu:
  • Memberi konseling yang didasari pemahaman masalah prilaku manusia.
  • Membuat analisis "trend" masa depan dan ramalan akan akibat-akibatnya bagi institusi.
  • Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasinya.
  • Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran dan informasi yang utuh
  • Mencegah konflik dan salah pengertian
  • Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
  • Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
  • Meningkatkan itikat baik institusi terhadap anggota, pemasok dan konsumen
  • Memperbaiki hubungan industrial
  • Melakukan penyerasian kepentingan institusi terhadap kepentingan umum
  • Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi anggota serta mengurangi keinginan anggota untuk keluar dari institusi.· Memasyarakatkan produk atau layanan
  • Mengusahakan perolehan laba yang maksimal
  • Menciptakan jadi diri institusi
  • Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun ternasional
  • Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi
3.  Fungsi Humas  menurut Canfield
Bertrand R. Canfield dalam bukunya Public Relations, Principles and Problems mengemukakan tiga fungsi humas , yaitu:
  • Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public’s interest)
  • Memelihara komunikasi yang baik (  Maintain good communication)
  • Menitik beratkan ,oral dan tingkah laku yang baik( And stress good morals and manners)
4.      Fungsi humas menurut Edward L. Bernaus
Mengenai fungi humas Edward L. Bernaus seorang pelopor humas di Amerika Serikat dalam bukunya Public Relations (1952) terdapat tiga fungsi humas, yaitu:
·         Memberikan informasi kepada masyarakat
·         Mengajak masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku mereka
·         Melakukan usaha-usaha untuk menyatukan sikap dan tindakan suatu lembaga atau organisasinya dengan publiknya atau sebaliknya.
5. Fungsi Humas sebagai fungsi Manajemen
    Fungsi Intern (ke luar)
·         PR harus mampu mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran/citra masyarakat yang positif terhadap segala tindakan atau kebijaksanaan organisasi/lembaga. Oleh karena itu, setiap anggota organisasi harus mampu memberikan image positif yang mewakili organisasinya.
·         Penghubung antara menejemen dan publiknya
Fungsi Ekstern (ke dalam)
·         PR harus mampu mengenali/mengidentifikasikan hal-hal yang dapat menimbulkan sikap/gambaran yang negatif dalam masyarakat sebelum sesuatu tindakan/kebijakan dijalankan
·         Memberi nasehat pada menejemen mengenai semua perkembangan luar atau dalam, yang menyangkut pengeruh hubungan perusahaan dengan publiknya.
·         Membuat penelitian dan penafsiran bagi kepentingan menejemen mengenai sikap-sikap yang ada sekarang atau diperkirakan sebelumnya pada public utama atas urusan perusahaan
·         Bertindak untuk kepentingan menejemen dalam merencanakan dan meleksanakan fungsi-fungsi umum
6.      Fungsi humas menurut Philip Kesly

Fungsi humas menurut Philip Kesly seorang petugas humas terkemuka dalam tulisannya “Managing the human Climate”, bahwa setiap bidang atau kegiatan humas  mempunyai kaitan dengan bidang lainnya dan petugas humas itu harus mengetahui bidang atau kegiatan mana yang sesuai dengan program organisasinya.
Berdasarkan bidang-bidang yang dicakup kegiatan humas diatas Philip Kesly menyimpulkan ungsi humas, sebagai berikut:
·         Humas adalah fungsi menejemen yang dibentuk untuk mencapai tujuan organisasi
·         Membantu pelaksanaan program organisasi
·         Memberi nasehat, petunjuk dan konsultasi dalam pelaksanakan kegiatan organisasi
·         Melaksanakan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan dan kepegawaian
·         Menumbuhkan kesadaran akan perlunya komunikasi dalam menejemen
·         Memberikan informasi secara terbuka dan akurat, untuk menghilangkan keraguan terhadap sesuatu hal
·         Menyampaikan informasi secara jujur tanpa menambah atau mengurangi hakekat yang sesunggunya
·         Berusaha untuk menarik perhatian publik Terhadap organisasi maupun terhadap keluarnya.

Artikel Tentang Definisi, Fungsi, Peran, Sejarah Humas Internasional Public Relations Association Dan Indonesia

Definisi Humas
Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.

Berbagai Definisi Humas

1. Humas adalah aktivitas komuniksi dua arah dengan publik (perusahaan/organisasi), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerjasama.

2. Definisi Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbale balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas,2002)

3. Marston mengatakan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakankomunikasi persuasive untuk mempengaruhi persepsi masyarakat”(1999,p.i)

4. Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.

5. Menurut Edward L. Bernays, humas memiliki tiga pengertian :
1.Memberi penerangan kepada masyarakat.
2.Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan.
3.Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.

6. The Public Relations Society of America :
Humas membantu suatu organisasi dan publiknya untuk saling beradaptasi secara menguntungkan.
Humas adalah usaha organisasi untuk memperoleh kerjasama dari sekelompok orang.
Humas membantu organisasi berinteraksi secara efektif dan berkomunikasi dengan publik utama.

7. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas merupakan fungsimanajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu programkegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.

8. Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperolehitikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisisdan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.

9. Public Relation World Conference : Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.

10. Menurut Cutlip, Center, dan Broom, Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.

11. Menurut Jeffkins & Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistemkomunikasi untuk menciptakan niat baik.(Public relations is a system of communication to create goodwill).
12. Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperolehitikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisisdan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan
13. Menurut W. Emerson Reck, Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penetuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka.[6] Kedua, pelaksanaan kebijaksanaaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.
14.Public Relation World Conference, Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.[4]
15. Menurut Cutlip, Center, dan Broom, humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankanhubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.[7]
16.The British Institute of Public RelationHumas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.
17. Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.

18. Menurut Jeffkins& Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.

Kamis, 25 Oktober 2018

Surat Tagihan Pembayaran

PT MAJU JAYA ELEKTRONIK 
Jalan Raya Sukamaju No.22
Bandung

Data dan Informasi

Pengertian Data
Data adalah fakta mentah atau rincian peristiwa yang belum diolah, yang terkadang tidak dapat diterima oleh akal pikiran dari penerima data tersebut, maka dari itu data harus diolah terlebih dahulu menjadi informasi untuk dapat di terima oleh penerima. Data dapat berupa angka, karakter, simbol, gambar, suara, atau tanda-tanda yang dapat digunakan untuk dijadikan informasi. Suatu informasi bisa saja menjadi data apabila informasi tersebut digunakan kembali untuk pengolahan sistem informasi selanjutnya. Dalam dunia komputer data adalah segala sesuatu yang disimpan di dalam memori menurut format tertentu.

Pengertian Informasi
Informasi adalah hasil pengolahan data yang sudah dapat diterima oleh akal pikiran penerima informasi yang nantinya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Informasi dapat berupa hasil gabungan, hasil analisa, hasil penyimpulan, dan juga hasil pengolahan sistem informasi komputerisasi.