Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.
Berbagai Definisi Humas
1. Humas adalah aktivitas komuniksi dua arah dengan publik (perusahaan/organisasi), yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian, saling percaya, dan saling membantu/kerjasama.
2. Definisi Public Relation adalah usaha yang direncanakan secara terus-menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbale balik antara organisasi dan masyarakatnya. Pendapat ini menunjukkan bahwa public relation dianggap sebuah proses atau aktivitas yang bertujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi (Coulsin-Thomas,2002)
3. Marston mengatakan “public relation adalah suatu perencanaan dengan menggunakankomunikasi persuasive untuk mempengaruhi persepsi masyarakat”(1999,p.i)
4. Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.
5. Menurut Edward L. Bernays, humas memiliki tiga pengertian :
3.Usaha-usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.
6. The Public Relations Society of America :
Humas membantu suatu organisasi dan publiknya untuk saling beradaptasi secara menguntungkan.
Humas adalah usaha organisasi untuk memperoleh kerjasama dari sekelompok orang.
7. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H. Center, Humas merupakan fungsimanajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu programkegiatan untuk memperoleh pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya.
8. Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperolehitikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisisdan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
9. Public Relation World Conference : Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.
10. Menurut Cutlip, Center, dan Broom, Humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankan hubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.
11. Menurut Jeffkins & Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistemkomunikasi untuk menciptakan niat baik.(Public relations is a system of communication to create goodwill).
12. Menurut J.C.Seidel, Humas adalah proses yang berkelanjutan dari usaha-usaha manajemen untuk memperolehitikad baik dan pengertian dari langganannya, pegawai, dan publik umumnya; ke dalam dengan mengadakan analisisdan perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan
13. Menurut W. Emerson Reck, Humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penetuan pelayanan dan sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang-orang atau golongan agar orang atau lembaga itu memperoleh kepercayaan dan itikad baik dari mereka.[6] Kedua, pelaksanaan kebijaksanaaan, pelayanan dan sikap adalah untuk menjamin adanya pengertian dan penghargaan yang sebaik-baiknya.
14.Public Relation World Conference, Humas adalah gabungan antara seni dan ilmu pengetahuan yang memperdiksi kecenderungan, memperkirakan konsekuensi, memberi saran kepada pimpinan organisasi, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik dan organisasinya.[4]
15. Menurut Cutlip, Center, dan Broom, humas adalah fungsi manajemen yang membangun dan mempertahankanhubungan yang baik dan bermanfaaat antara organisasi dengan publik yang memengaruhi kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut.[7]
16.The British Institute of Public Relation, Humas adalah suatu usaha berencana dan berkesinambungan untuk membina serta memelihara itikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya.
17. Menurut Frank Jeffkins, Humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan khusus, yakni pengertian bersama.
18. Menurut Jeffkins& Daniel Yadin, Humas adalah sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar